25 April 2016

Curhat Seorang Siswa Terhadap Pendidikan Indonesia

Pernah gak sih berfikir terutama buat kamu-kamu yang udah lulus Sekolah dan udah gak mau balik lagi kesekolah kecuali buat kamu orang yang mempunyai cita-cita guru, saya akhir-akhir ini berfikiran bahwa guru itu ngajarnya monoton harus sesuai dengan apa yang dia fikirkan gak boleh gak. Ya emang sih ngajar orang itu susah ngertiin orang satu aja susah apalagi puluhan hehehe, tapi kan enggak kayak gini mereka diberi gaji buat ngajar siswa bukan buat merubah pribadi mereka, oke pribadi buruk yang dirubah tapi pola fikir mereka jangan dirusak kasihan mereka punya pola fikir berbeda-beda dan semua mempunyai tujuan yang bagus. Pernah gak denger anak kecil punya cita-cita yang buruk atau gak baik? Gak pernah denger kan jarang bahkan gak ada anak kecil itu. 

Setiap anak kecil memiliki cita-cita atau keinginan yang besar tetapi sewaktu dia memasuki dunia pendidikan formal keinginan dia berubah karna aturan dari guru yang terlalu mononton. Contoh setiap siswakan memiliki pemikiran yang berbeda-beda dan memiliki ide yang berbeda-beda tetapi guru terkadang tidak mau ambil pusing sehingga mereka sebagai guru bukan malah mendidik tetapi hanya memberi peraturan yang sangat membosankan, jujur saya baru mau lulus kelas XII tetapi sudah dari lama saya bosen belajar secara formal disekolah, tetapi saya bukan einstain atau Bill Gates yang mempunyai keahlian dan keberanian yang sangat luar biasa. Saya ya saya, saya hanya ingin merubah dunia pendidikan dari dalam dengan merasakan menjadi "korban" terlebih dahulu. Masalah yang merubah pribadi siswa adalah Nilai karna nilai seperti sebuah momok yang menakutkan karna siswa harus memenuhi nilai KKM atau apalah-apalah itu, jika tidak memenuhi nilai KKM siswa itu dicap sebagai siswa bodoh, dan anehnya nilai yang harus tinggi adalah nilai MTK artinya jika nilai yang lain tinggi tapi nilai MTK siswa rendah, siswa tersebut tetap dicap sebagai siswa bodoh karna Guru lebih terpatok kepelajaran MTK. 

Imbasnya kami sebagai siswa selalu ingin mengejar nilai tinggi dengan menghalalkan segala cara seperti mencontek, bukan menjadi rahasia lagi mencontek adalah sesuat hal yang selalu dikerjakan oleh siswa sekolah. Bukan salah siswa kalo mau mencontek tapi kenapa nilai selalu menjadi patokan, kan jarang orang langsung bisa kepelajaran ada yang lemah ada juga yang emang kuat. Seharusnya sebagai guru mengerti keinginan siswa tapi bukan siswa yang selalu mengerti, emang guru satu terus siwa bisa puluhan tapi setidaknya mereka harus paham dengan kemauan siswa. Hehe udah lah pusing mau nulis apalagi kalo saya jadi mentri mah sekolah gak bakal sebosen ini pasti bakal menyenangkan gak sefake ini pasti lebih asyik gak bakal kayak ginilah yang pasti.

Emang sih udah ada sekolah yang mengasyikan tapi kan masih jarang 1000:1 mungkin atau lebih, saya malah lebih nyaman dibimbel dari pada disekolah karna gak pernah ngejer target nilai dan lebih enjoy aja. Belajar itu semau kita maksudnya gak terlalu terpatok dengan sesuatu disitu kita hanya diajarkan mengerti bukan menghafal atau bahkan ngejer targer nilai 100, extrim kalo bisa dibilang sekolahan diindonesia nilai, nilai, nilai kejujuran bisa dibeli sama nilai haha kovlak :D.

9 komentar:

  1. saat masih kecil cita-cita saya jadi pilot... terus berubah jadi polisi... jadi guru.... wkwkwkwk... kenapa anak kecil cita-citanya selalu berubah-ubah ?

    BalasHapus
  2. Hmm saya jadi merasa kasihan dengan pelajar jaman sekarang karena makin maraknya pergaulan yang tidak untuk dicontoh oleh para pelajar.

    BalasHapus
  3. Ya saya setuju 1000 % dengan anda. Selama sekolah saya selalu berharap untuk cepat cepat pergi dri tempat yg membosankan bernama kelas. Gurunya ngajarnya terlalu monoton

    BalasHapus
  4. Hi Presidennya Beng2, pertama kunjungan kesini. hehe
    Tapi sekolah juga kadang memberikan suasana yang nyaman tergantung tipe guru-gurunya sih hehe.

    BalasHapus
  5. guru yang mampu menjadi siswa kayanya yang bisa bikin siswanya nyaman, jangan siswanya yang disuruh jadi seumuran guru...tentulah bikin bete mereka, wong anak-anak kok dipaksa ngikutin umur guru...tuwa dong mereka...itu mah pandangan saya yang awam saja loch mang...maafkan saya ya mang pres...saya sedang beradadi istana presiden kan?

    salam sehat dan ceria selalu

    BalasHapus
  6. cita-cita standar waktu kecil, pengin jadi sopir kereta karena dulu pas di sebrang rumah sering ada kereta lewat :)

    BalasHapus
  7. Syukurlah udah lama jauh dari itu semua hehe
    Ah ajdi kangen masa-masa sekolah

    BalasHapus
  8. Itu sihh cuma presiden beng2 doang yang pas kebagian guru killer
    tapi emng bener sih guru dimana-mana suka memberikan patokan nilai, sebagai contoh di dalam rapot pasti ada KKM :/ huft malesin deh klo nilai kita di bawah KKM

    BalasHapus
  9. Dulu yah, waktu aku masih kecil cita-cita pernah mau jadi dokter karena eyangku dokter. Trus masuk sekolah, awal-awalnya menyenangkan. Lha TK, kerjanya main mulu. Trus masuk SD, masih menyenangkanlah, trus masuk smp.. membosankan... masuk sma, mulai agak nyebelin trus masuk kuliah... ya membosankan, ya nyebelin, ya macem-macem... sekarang entah tujuan hidup mau dibawa ke mana...

    BalasHapus